13.2.09

Popok

Seperti di negara-negara lain, popok bayi di sini ada yang sekali pakai dan ada juga yang washable. Untuk popok washable (couches lavables) modern, ada yang masih memerlukan lapisan luar berbentuk celana (sur-couche/cullotte de protection) yang umumnya tahan air. Namun ada juga yang sudah 2-in-1 (TE1). Kemudian, ada juga popok washable berbentuk kain model klasik yang masih perlu diikat-ikat, dan tentu saja supaya lebih aman tetap harus menggunakan sur-couche/cullotte de protection.

Pemakaian popok washable di sini masih ditambah dengan lapisan kain untuk penyerap (insert/doublure/booster) DAN lapisan kertas khusus untuk melindungi popok dari kotoran bayi (disebut juga liner, jadi, yang terkena kotoran adalah kertas tersebut, tidak langsung ke popok). Umumnya yang dijual di sini adalah kertas yang bio degradable alias mudah diurai oleh bumi. Bila hanya terkena pipis, kertas lapisan ini bisa dicuci dan digunakan lagi (liner produk Lulu Nature).

Ribet ya? Begitulah adanya, demi berperan serta dalam program pelestarian lingkungan. Namun, bila sudah terbiasa dan tahu seluk beluknya, maka penggunaan popok washable ini tidaklah serumit yang kita kira.

Urutan dari kiri ke kanan:

Popok washable modern P'tit Toudou dari P'tits Dessous, koleksi Maman Naturelle, harga 14,50 EUR. Masih memerlukan celana proteksi.

Popok washable modern Happy Heiny's TE1 (2-in-1), koleksi Maman Naturelle, harga 19,90 EUR. Ukuran unik (evolutif) 4-16 kg.



Popok washable modern bio Flexi Tots dari Tots Bots , satu set isi 5 plus 1 celana luar anti air dan 5 lapisan , koleksi Brindilles, harga 95,00 EUR.


Celana luar Tots Bots, koleksi Brindilles, harga 11,50 EUR.



Popok washable modern bio evolutif Lucie Nature (3-15 kg), koleksi Lulu Nature, harga 16,5 EUR (best seller).

Doublure ImseVimse, dalam Inakis.







Popok sekali pakai Moltex, produk Bio, koleksi Brindilles, harga 9,95 EUR.







Info tambahan, untuk di Indonesia, popok washable modern sudah cukup berkembang juga. Ada yang import dari Eropa, US, Singapore, dan mungkin ada yang buatan lokal atau China (harga lebih ekonomis). Coba lihat-lihat ke sini ya:

http://www.racheline.com/
http://muliashop.com/
http://www.tokobunda.com/
http://renatashopshop.multiply.com/photos
http://andarastore.com/
http://af-za.facebook.com/pages/Jakarta/Bubu-Shop/84199758182
http://rumahpopok.wordpress.com/
http://babiesnmoms.multiply.com/
http://earlydessianti.multiply.com/
http://maggielittleshop.multiply.com/


Share/Bookmark

No comments: