4.11.09

My Nursing Stuffs


Baru sadar kalau perlengkapan breastfeeding saya ternyata banyak juga. Coba di-list sesuai urutan beli.

  • Bra menyusui: ada 2 saja. Semuanya Freya punya soalnya cocok.
  • Baju menyusui: juga cuma 2, beli di Vertbaudet dan H&M. Murmer ajah. Maunya sih beli diMamanana, qeqeqe... Tp muahal. Trus, ada 2 baju biasa tapi ternyata bisa juga utk baju menyusui. Di luar itu, ada juga kemeja2 kancing depan. Kemeja2 jaman kerja dulu.
  • Nursing pad: awalnya pakai Natracare krn biodegradable. Tapi setelah habis, lanjut pakai yang washable dr Disana dan Popolini. Ada yg bahannya katun organik, ada juga yang pakai lapisan tambahan microfibre. Ada sepasang yang bahannya silk dan wool, tp berhubung salah nyuci, jadinya keriwil, ngga bagus lagi bentuknya... hiks...
  • Lansinoh cream: untuk mengatasi masalah pada puting.
  • Nipple protector: karena pas awal2, putingnya suka lecet dan berdarah (si kecil jadi kayak vampire... ehehehe...). Belinya di apotik, yg merk Dodie.
  • Herbal drink khusus untuk menyusui (tisane): awalnya beli di herboristerie, tp kemudian beli juga yg udah dalam sachet (spt teh celup) merk Holle dan Weleda.
  • Breast pump Avent: cari di internet, ada ibu yang  jual krn dia ngga pakai. Lumayan, murah. Cuma satu botol dan dot-nya ngga ada krn dipakai oleh si ibu itu buat anaknya. Pompa-nya aja yang ngga pernah dia pakai, jd dijual deh.
  • Nursing pillow My Brest Friend: beli second di eBay. Kondisi masih buaguss... Beli ini gara2 dpt masalah sakit pundak kiri bulan Juli lalu jd ngga bisa nahan badan si kecil maupun badan sendiri (kl nyusuinnya sambil tiduran miring kiri).
  • Nursing apron: supaya bisa nyusuin di public places dengan tenang tanpa rikuh. Belinya di Indonesia, di Syalunna dan Lituhayu. Sekalian dua biar bisa ganti2. Di sini ngga terlalu populer. Tapi ada sih. Dan mahalll... Salah satunya di sini.
  • Penyimpan ASIP: Avent Via cups dan botol ASI-nya St Carolus (kl ngga salah, soalnya minta dr kakak ipar). Ada juga botol2 kecil bekas yoghurt. Sejauh ini yang terpakai baru yg Avent Via cups krn ngga nyetok ASIP banyak.
  • Buku tentang menyusui, 100 Réflexes Allaitement: Biar mantep. Pengen beli satu lagi, tapi lihat nanti aja.
  • Nursing bracelet: untuk melihat kapan waktu terakhir menyusui, supaya  ngga lupa. Harusnya beli sehabis persalinan,  tp baru beli setelah si kecil 3 bulan. Jd akhirnya lebih kepakai pas bepergian. Beli murah di eBay, ada seorang ibu yang create sendiri. Ternyata gampang bikinnya, lumayan, bisa nyontek... qeqeqe... Kl yg mahalan, ada diAlmafil, kyknya dia import langsung dr US (ke yg pegang license nama Nursing Bracelet).
  • Massage oil: tadinya ngga mau beli karena sok pede. Tp akhirnya butuh juga. Belinya yangWeleda. Kadang2 dipakai buat massage si kecil juga.


Ada Cooler bag-nya Allerhand buat bawa ASIP plus ice pack-nya si papa. Tp jarang banget dipakai utk urusan ASIP. Lebih seringnya, tas ini dipakai utk diaper bag biasa. Yah, kalau bisa multifungsi, sekalian aja lahh...


Masih ada yang belum dibeli karena ragu2 terus, yaitu Breast Shell dan Breast Soother and Gel pack. Yo wis, lihat2 kebutuhannya nanti deh... *_*


O iya, satu yang ngga kalah pentingnya adalah, ikutan milis Asi For Baby (AFB). Pan udah ngga kerja, jadi ngga ikutan lagi milis2 HRD. Sekarang saatnya milis yang lain... *_*


Semangat!



Share/Bookmark

2 comments:

Shabby Chic Seller said...

Sist... My Breast Friend itu belinya dimana??..
aku nyari yg di indo tp lom nemu nihhh..
plis info nya yaa..
tengkiuw..

Sitha said...

Hm, aku kurang tahu nih... Yg kutahu adl duplikatnya yg dijual oleh Renata Shop (Multiply). Coba dikau tanya2 deh di forum theurbanmama.com.