30.9.10

Popok Kain dan Potty Training

Sebenarnya sebelum berangkat ke Indonesia, saya sudah berusaha menjual lagi beberapa popok kain si Eneng. Alasannya, idem dgn sebelumnya, jumlah sudah berlebih. Namun akhirnya yang lenyap dari pandangan mata hanya 2 ekor saja. Malah, selama di Indonesia, ada 5 popok kain baru yang dikenakan oleh si Eneng. Ini karena jumlah popok kain yg kami bawa dari Perancis memang sedikit, jadi akhirnya butuh tambahan. Lima buah popok kain tersebut adalah 3 Zigie Zag, 1 Metal Mom Pink dari Lidya dan 1 Flip Organik warna Zinnia.

Zigie Zag-nya masih model yg lama, tanpa inner gusset. Ternyata dgn menggunakan night booster Pop-in sebagai insert dan dikenakan di Jakarta yg panas, fine-fine aja. Sekalipun ada rembes sedikit, langsung bisa terpegang oleh tangan. Beda kalau di Perancis yg seringnya dingin. Kl rembes, harus dicek dgn benar karena pakaiannya berlapis. Dan kalau ternyata benar2 rembes, semua baju diganti :(

Untuk Metal Mom, terus terang saya suka dgn cuttingnya. Jatuh enak dan pas di badan anak saya. Setelah prewash entah berapa kali, daya serapnya bagus. Belum pernah sih dipakai utk malam hari.

Sedangkan Flip Organik, sampai sekarang soaker-nya blm sering digunakan. Saya lbh suka pakai covernya yang menurut saya, keren! Jatuhnya pas banget. Dulu saya pesimis dgn covernya Flip krn tidak double gusset. Tp ternyata karetnya memang pas ya. Seneng deh... Sekarang saya lebih sering memasangkan cover Flip tsb dgn soaker2 yg sudah ada di rumah termasuk prefold.

Lagi kepikiran untuk beralih penuh ke fitteds. Kenapa? Karena cuaca mulai dingin lagi, pipis si kecil tambah banyak, dan kl pakai pockets kadang suka bocor. Malesnya, kl bocor dan kena baju, semua lapisan hrs dibuka dan diganti. Berarti, cucian tambah banyak. Beda kalau pakai fitteds. Daya serapnya lebih banyak dan diaper covernya benar2 menjaga dari kebocoran. Fitteds selalu jadi andalan kami. Namun dulu berkat godaan sana sini, akhirnya saya coba2 pockets. Suami kerap kali mengingatkan bhw pockets dan/atau AIOs tdklah cocok dgn kondisi kami. Yah, Pa, boleh dong coba2. Anyway, pockets dan AIOs tetap lebih praktis dan sesuai utk kondisi bepergian. Ya kan?

Namun kemudian ada pemikiran lain. Kapan rencana potty training diterapkan? Awalnya ingin mulai saat Eneng ulang tahun yg pertama. But, belum juga kejadian karena alasan masih dingin, kesian kalau hrs rutin plorotin celananya dingin2 gitu. Mundur ke summer. Tapi bgmn mungkin. Summer lalu kami sibuk sekali dgn urusan pindah rumah dan pulang kampung. Selama di Indonesia pun kami banyak bepergian. Piye?

Oke, setelah diskusi by chat dgn Mamanya Seno, rasanya saya makin termotivasi utk memulai kembali potty training. Dulu pernah dicoba dikit2, dengan memperkenalkan wujud toilet beserta isinya. Trus, mendengung2kan bhw kalau pipis dan pup itu di toilet, beli buku cerita anak2 ttg potty training... Yah, baru gitu2 aja... Habis itu berhenti. Summer yg sibuk. Thx to Anna, akhirnya niatan potty training terdorong lagi. Besok2 chatting lagi ya buat kasih semangat... :)

Tapi, di hari yang sama yaitu hari ini juga, saya mendapat email bahwa si Eneng memenangkan Rumparooz print terbaru. Aje gilee... Saking happy-nya, saya agak mules. Tambah mules begitu tahu jumlah popok RaR yang dimenangkan ada DUA! Dua cuyy...! Pengsan... And then, saya pikir2, ini mau menggalakkan potty training kok malah dapat dua popok gratis. Oke, mungkin ini rejeki utk adiknya si Eneng nanti, kalau hamil lagi... Motif popoknya cukup netral kok. Yg satu burung hantu dgn dasar ungu (eh, kl anak cowok bisa kan pake ungu?), dan satu lagi robot dgn dasar biru-ijo-abu (terlalu boyish utk cewek?). Anyway bohay, saya mengucapkan syukur Alhamdulillah bahwa pose si Eneng memanjat heater bisa memenangkan photo contest-nya RaR Indonesia :)

Dan... di hari ini juga, saya dapat kabar dari suami kalau ada kemungkinan si Eneng masuk satu daycare sesuai yg kami rencanakan. Seminggu dua kali, masing2 hanya setengah hari. Potty training kudu jalan beneran dong ya... Memang di daycare setahu saya tidak wajib bebas diaper utk anak2 yg dititipkan di sana. Tp kl memang bisa dilatih dr sekarang, kenapa tidak? Kan mempermudah pekerjaan orang lain bisa dapet pahala (kata siapa? ^_^)

Yah, serunya hari ini... Berhubung Kamis adalah hari NUJU di milis dan Meryl menjual Tetro Fitteds yg lucu, saya pingin pesan *gubrak*


Share/Bookmark

No comments: