20.6.09

Jenis-jenis Popok Kain


1. Sistem Klasik: Popok kain dengan celana proteksi

  • Kain popok + celana proteksi: Kain popok biasa berbentuk persegi empat yang dilipat sedemikian rupa untuk membungkus pantat bayi, kemudian dikunci dengan snappi atau peniti sebelum dilapisi celana proteksi. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama flat diapers. Popok ini sangat sesuai untuk bayi baru lahir sampai usia 4 bulan.
  • Kain popok yang dikenal dengan nama Chinese prefold diaper + celana proteksi: Bentuknya persegi empat, berlapis-lapis (jadi lebih tebal daripada kain popok biasa) dan dilipat untuk diletakkan di tengah celana proteksi. Kain ini bisa juga digunakan langsung untuk membungkus pantat bayi dan dikunci dengan snappi atau peniti.
  • Popok Contour + celana proteksi: Popok kain jenis ini tidak perlu dilipat-lipat lagi, tapi masih tetap harus menggunakan snappi atau peniti untuk menguncinya sebelum dilapisi celana proteksi.
Ketiga jenis popok di atas tergolong ekonomis dan sesuai untuk bayi baru lahir. Namun bila bayi sudah bisa duduk, mungkin akan lebih rumit mengenakannya.

  • Fitted Diapers + celana proteksi: Untuk popok jenis ini, di bagian paha dan seputar pinggang belakang diberikan karet elastis. Dan untuk menutup popok ini tidak memerlukan snappi atau peniti karena sudah dipasang velcro atau kancing jepret.

2. Sistem All-In-One (AIO, atau istilah Perancisnya TE1)

Popok dengan sistem AIO lebih mudah dan praktis dalam menggunakannya, bisa dikatakan serupa dengan popok sekali pakai. Sering disebut AIO Integral karena semua lapisannya sudah dijahit menjadi satu (termasuk lapisan anti bocornya). Kekurangannya, berhubung lapisan penyerap pun termasuk di dalamnya, jadi popok ini tergolong lama keringnya setelah dicuci.

3. Sistem All-In-Two

Popok dengan sistem ini bisa dikatakan mirip dengan AIO integral, perbedaannya ada pada lapisan penyerap yang tidak dijahit di dalamnya, namun dipasang di tengah dengan kancing jepret. Bila lapisan ini saja yang kotor atau terkena pipis, tinggal diganti saja tanpa mengganti popok utamanya. Popok jenis ini lbh cepat kering dibandingkan AIO.

4. Sistem Pocket (atau istilah Perancis-nya TE1 à poche)

Lapisan yang dijahit jadi satu adalah lapisan tahan air/bocor untuk luarnya, dan lapisan polaire (atau suede, atau beludru) untuk bagian dalamnya. Kemudian, terdapat celah untuk menyisipkan lapisan tambahan/insert yang gunanya untuk menyerap pipis bayi. Popok jenis ini pun cepat keringnya.

EDIT: Tulisan yg sudah disesuaikan dgn kondisi di Indonesia ada di sini.


Share/Bookmark

2 comments:

babyshop said...

Halo..salam kenal ya..
Artikelnya bagus dan lengkap..Jadi tertarik ingin memasang di website saya..Saya mau ijin copas artikelnya boleh ga?
Terima kasih sebelumnya..

Sitha said...

Hai... thx udah mampir ya. Tulisan saya di atas ambil dari buku berbahasa Perancis, jadi istilah2nya kurang sesuai utk kondisi Indonesia yg lebih mengenal istilah2 berbahasa Inggris. Dikau bisa masuk ke site Milis Popok Kain utk info yg lebih sesuai utk kondisi di Indonesia. See http://milis-popok-kain.blogspot.com/