17.8.11

Elastic Story

Seperti yang sudah saya rencanakan, bahan2 yg sudah dipotong untuk trainer Trimsies dibawa ke mertua. Mesin jahit saya, Selecline, masih suka ngambeg. Jadi saya memanfaatkan liburan di mertua dgn meminjam mesin Singer bu-mer.

Awalnya pingin jahit yang bahan outernya katun ijo itu. Tapi akhirnya berubah, ke bahan fleece, karena pingin duluan bikin Quick Trainer (itu istilah di panduan pattern Trimsies). Ternyata, dengan keterbatasan kemampuan saya menggunakan mesin jahit, plus beberapa faktor lain, si bahan Quick Trainer ngga jadi2 walaupun saya sudah menjahitnya lebih dari dua jam.

Macetnya di bagian penjahitan elastik. Jenis elastik yang saya beli itu latex. Dibeli di satu toko online keperluan seputar popok kain. Kayaknya di Perancis, jenis elastik ini cukup banyak beredar utk membuat popok kain. Tapi kenapa jarum mesin jahitnya ngga mau ya... Tiap saya coba, selalu benangnya ngga ngiket. Alhasil, elastik bolong2 kecil kena jarum. Saya tes berulang utk menjahit ke bahan lain, bisa. Kenapa ya...

Ribet dengan urusan sahur dan berbuka di rumah mertua, kemudian urusan2 lain, akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan project tsb. Tapi tetap saya ingin cari tahu kenapa oh kenapa si elastik seperti itu. Di situs ini dan ini, kelihatan baik2 saja, terjahit dgn sukses. Di link sini juga idem (ih, warna pink-nya cakep).

Akhirnya, tekad kuat utk segera membeli mesin jahit baru yg bagusan ber-merk. Bobol tabungan! *ntar kl dapet bonus, gantiin duitnya ya, Pa...* Maksudnya, supaya saya bisa terus coba dan praktek, ngga usah nunggu moment ke mertua. Kesian jg nanti kl mesin bu-mer rusak gara2 saya. Tul ngga... Lagian saya mepet nih, planning toilet training kan summer ini. Summer dah mau kelar euyy...! *red alert*

Hari ini, mesin jahit, belum terwujud. Tekad belinya baru dua hari lalu. Kami blm sempat ke tokonya yg kebetulan beda kota. Sejam aja sih dari sini ke Montargis. Mungkin wiken ini.

Sambil menunggu wiken, ternyata ada another elastic story yang menyebalkan.

Kemarin kutak katik box isi bahan2 menjahit dan saya menemukan FuzziBunz ijo yang PUL-nya udah tewas. Saya ingat bhw elastik-nya FB ini sangat istimewa dan mudah dicopot. Segera saya cabut kedua elastik tsb dari casing-nya. Gembira... Saya ingin menerapkan teknik yg sama. Using that buttonhole elastic with, of course, buttons on my Trimsies trainer.

Habis subuh, saya jahit kancing2 & casing utk trainer menggunakan tangan (handsew). Semangat 45, mumpung hari Kemerdekaan RI. Satu elastik bisa masuk dgn mantap. Keliatan keren. Kancingnya warna-warni, ngga apa lah, ketutupan toh, posisinya di dalam trainer. Saat siap utk memasukkan elastik kedua, saya ngga nemu barangnya. Eh, kemana... Saya bongkar ruangan tempat saya menjahit semi ngantuk itu. Ngga ada. Dicari ke ruangan lain, ngga ada juga. Ajaib. Harusnya kan ngga jauh2 dari elastik pertama. Apa saya pindahin ya?

Mubeng2 seluruh rumah, ngga nemu. Nyoba cari elastik sejenis (ukuran 3/8 inch) di internet, mimpi lo... Di satu forum emak2 US ada yg bilang ngga bakal dapet ukuran elastik itu utk jenis buttonhole. Cuma FuzziBunz kayaknya yang punya.

Ahhh... Memang ngga jodoh sama elastik *mangkel jambak rambut*




Note. It's finally done. See here.


Share/Bookmark

No comments: