4.10.11

Perawatan Popok Kain (3)

Tulisan ini tentang perawatan popok kain anak saya untuk satu setengah tahun belakangan ini. Pada intinya hampir sama dengan yang ada di blog Perawatan Popok Kain (2), hanya ada sedikit perubahan yaitu:


  • Untuk menyimpan popok kotor, saya hanya menggunakan nappy bucket Bambino Mio tanpa laundry net. Popok yg terkena noda langsung saya kucek sebelum dimasukkan ke ember tersebut.
  • Bambino Mio Fresh masih dipakai sampai akhirnya kami mencoba deterjen khusus yaitu Potion Tots Bots. We loved it so much! Dengan Potion, Mio Fresh tidak dibutuhkan lagi. Kemudian Juli lalu, kami mencoba Ultraco. Seperti halnya Potion, kami tidak menemukan masalah bau pada popok. Kedua deterjen tersebut bisa digunakan selama dua bulan utk setiap pak-nya. Sebulan terakhir ini, kami menggunakan deterjen Ecover yang banyak direkomendasikan ibu2 di forum cloth diapering. Sejauh ini, saya suka juga. No smell dan bersih.
  • Suhu pencucian: sejak saya pakai Potion sampai Ecover, suhu cukup di 30 dercel saja. Bersih! Utk Potion dan Ecover, keduanya mencantumkan di petunjuk pencucian bahwa dengan suhu 30 dercel saja sudahlah cukup.
  • Pengeringan: Dua bulan terakhir ini, saya mencoba untuk mengeringkan popok dengan dryer namun TIDAK untuk popok ber-PUL maupun diaper cover. Hasilnya, sangat menarik... Popok fitteds dan insert2 jadi lebih lembut begitu keluar dari dryer.


Cloth diapering is fun... Perawatannya bisa berubah sesuai kondisi (jenis bahan popok, deterjen, preferensi, mesin laundry yg ada, etc).



***



Share/Bookmark

No comments: