11.11.10

Potty Training ala Gina Ford

Sekitar tanggal 20-an Oktober lalu, saya mem-potty train si kecil dengan metode dari buku Gina Ford. Bbrp bulan sebelumnya, saya sudah memperkenalkan toilet, potty, etc kepada si kecil, serta kerap mengajaknya pipis or poop di toilet. Namun itu sifatnya baru sosialiasi saja.

Bbrp hari sebelum proses PT ala Gina Ford, saya mempersiapkan semua barang yang dibutuhkan sesuai arahan dari buku tsb. Walaupun pada akhirnya saya berhenti di hari kedua, saya merasa banyak belajar dari proses potty training tsb.

Berikut ini sebagian catatan yang saya buat selama proses tsb:
  • Metodenya, utk hari pertama, setiap 15 menit anaknya dibujuk rayu utk duduk di potty. Saya udah modify jadi sekitar 30 menit tp tetap aja, susahnya si kecil. Sering juga mau duduk, sambil baca buku, nonton Barney, or makan sesuatu. Tp tetep pas duduk dia ngga mau pipis or pup. Selalu pipisnya berdiri, kdg duduk lama di potty ngga pipis, tp pas berdiri, currr... Dan pupnya hari ini di atas kursi komputer papanya yg empuk dari kain *pingsan*
  • Anaknya sendiri, kl mo pipis dan pipis itu sptnya blm terlalu berasa buat dia, tiba2 curr aja. Pernah kejadian, udah lama duduk di potty, dan saya rangsang dgn mencelupkan tangannya ke air, trus dia main air, tp tetep ngga pipis. Begitu berdiri dan jalan, curr... Pup sih dia berasa, cuma dia suka pelariannya minta nenen. Pernah saya kasih nenen dgn syarat dia hrs sambil duduk di potty. Tp tetep ngga pup di potty. Beda bgt dgn Rara dulu, kl mo pup ngeden, trus diajak ke toilet pasti mau. Estelle, boro2... -> kelihatannya anaknya blm bener2 siap
  • Ternyata saya capek banget, badan pegel2, pdhal baru dua hari. Dan dua hari ini bbrp urusan RT terganggu walaupun saya sudah sengaja ngga masak (tp tetep ada cucian baju, dll, kan). Tdnya sengaja dibikin PT minggu ini krn pas kakaknya libur sekolah so saya ngga usah jemput ke sekolah, bisa full days di rmh, bisa lbh konsen, dgn catatan Raranya dikasih tahu utk ngga ganggu. Tp saya lupa prepare bahan2 utk craft project-nya Rara selama liburan, jd siang saya potty train si kecil, malemnya sampai midnight prepare crafting project, hedew... rontok nih badan -> ini saya-nya yg blm siap
  • Anak cuma boleh pake celana dalam, kecuali pas napping dan tidur malam (sama dgn Fellom, bedanya utk siang hari selama training, Fellom nyaraninnya anak ngga pake celana dalam samsek, kl ke luar rumahpun langsung celana panjang tanpa celana dalam - lihat di babycenter deh) -> Saya sudah beli 6 biji celana dalam, tp tetep 4 biji TP Nissen saya pergunakan krn ngga cukup celana dalamnya (bolak balik pipis berdiri). Sebelnya, saya jg udah order 2 TP lain sblm beli celana dalam dan sblm bukunya Gina Ford dibaca.
  • Metodenya mengharuskan kita menentukan ruang mana2 aja yg dipake utk proses training, ngga semua ruangan si kecil bisa akses selama itu spy kl ada accident, lbh mudah buat kita -> saya pakai ruang utama dan dapur. Nanti di hari ketiga dst, itu potty mulai dipindahin mendekati/ke bath room, dgn persetujuan anaknya.
  • Potty ditaruh di ruangan tempat kita mangkal bersama si anak. Kl kita hrs ke dapur, ajak juga si anak dan bawa jg potty-nya -> saya kadang males gotong2 potty, tapi kebetulan kami punya dua potty.
  • Setiap ada accident, be calm dan bersihin lantai quietly, ganti celana si anak, dll. Kl anak berhasil pipis or pup di potty, kasih pelukan besar, or ekspresi kebahagiaan yg lain, dll. Kl Fellom nyaranin bikin celebration dance -> saya seringnya memberikan pelukan besar dan pujian2 :)
  • Pake reward chart, setiap anak dpt 3 star, dikasih sesuatu yg menyenangkan. Diharapkan bukan makanan2 manis, tp kl anaknya model yg stubborn dan usianya sudah, berapa ya, di atas 3 thn kl ngga salah, Ford sering ksh exceptional -> saya pakai buah, soalnya si kecil doyan banget buah. Star-nya saya bikin dari kain felt merah, ditempel di kertas reward yg gambar2nya saya print dari internet. Reward chart di internet jg banyak, tp cuma saya pakai utk colorings bareng Estelle :). Hari kedua saya ngga pake star, tp pake stiker Hello Kitty. Saya jelasin dulu knp diganti *alasan yg dibuat2 sih, sebenernya saya ngga sempet gunting bintang lagi dari kain felt gara2 nyiapin project utk Rara, tp untungnya Estelle doyan bener sama sticker apalagi kl dia yg nempel sendiri ke chart-nya*
  • Hari kedua proses PT, mobil suami mogok, jd dia ngga bisa ke kantor, ribet di rumah (baca: berisik, nanya ini itu) dan mertua dateng utk bantu benerin mobil. Orang Perancis bnyk basa basinya, jd waktu dan konsentrasi saya kepecah2. Waktu hari pertama sih asyik walau capek krn suami pas training bela diri jd walau hari Minggu dia ngga di rumah.
  • November awal, Estelle bakal start di daycare. Di metodenya Gina Ford (ataupun Fellom), si anak ngga boleh pake TP nor diaper (tentunya) selama di daycare. Saya blm nanya sih ke daycare, tp kelihatannya impossible deh kl di sini utk diaper free dalam kelas (anak di bawah usia 3 thn umumnya memang masih pakai diapers sih di Perancis).

Kl anaknya blm totally siap dan kelihatan di hari pertama or kedua, sebaiknya ditunda lagi potty trainingnya sampai bener2 siap, kembali di stage persiapan (yg ternyata sama dgn masa2 saya bikin toilet training boong2an itu - cuma waktu itu saya bener2 pake toilet seat plus potty (pas PT ala Gina Ford, saya hanya pake potty sesuai panduan di buku).

So, saya pikir, udah deh pending aja sampai winter holidays di Desember. Semoga lebih baik kondisinya, dan saya lbh well-prepared mengingat pengalaman dua hari ini spt apa (learning from mistakes). Suami jg mungkin tdnya ngga terlalu ada gambaran spt apa potty training. Smg dia jd lbh paham, syukur2 dia bs ambil cuti pas potty training Desember nanti.

Helehh, Desember, winter, dingin euy... Ini kemarin aja, seharian Estelle ngga pake leg warmer ataupun kaos kaki (sesuai instruksi di buku), tp ada pemanas kecil tambahan saya pasang di ruang utama, tempat dia mangkal :) Dan trus malamnya, hidungnya udah mampet dong, bangun jam 3, nangis, trus rewel sampai pagi. Itu jg yg bikin badan saya rontok. Mungkin next time saya kekeuh pakein leg warmer dan kaos kaki yah, ngga papa kena pipis, drpda anak pilek.

Lumayan sih, saya jd tau dikit pola pipisnya Estelle. Kl di bawah jam 12, dia pipis kurleb 30 menit sekali. Kl di atas jam lunch, dia pipis setiap kurleb satu jam sekali.

So, girls, I come back to the preparation stage now...



Share/Bookmark

No comments: