19.11.10

Stripping


Menurut
About.com, stripping adalah: a laundering method that removes detergent residue from cloth diapers. Detergents, fabric softeners and other things in wash water can build up in cloth diapers over time, and the build-up can reduce cloth diaper absorbency.

Tanda-tanda popok kain perlu di-stripping:
  • popok cepat bocor (pd pocket diapers: insert cepat penuh atau inner tdk meloloskan cairan ke insert - repelling)
  • popok berbau sangat pesing pdhal baru dipakai sebentar, atau malah baru selesai dicuci
  • popok kena pelembut, pewangi atau diaper cream
  • pantat bayi jadi kemerahan padahal sebelumnya tidak masalah

Metode stripping:
  • Mencuci dengan air panas tanpa deterjen (dalam mesin cuci). Menurut Kelly's Closet: for the vast majority we recommend several (4-6) hot water washes (no detergent) which will get rid of most detergent buildup/residues. This is the safest stripping method available for all types of cloth diapers. You may consider adding 1/4 cup of vinegar to the first cycle or two. Vinegar is optional, and not generally recommended for products containing PUL. Also, some people have reported using vinegar with stink issues only compounds the problem. Referensi lain mengatakan untuk menambahkan RLR dalam bilasan terakhir.
  • Merebus selama 5-15 menit. Menurut panduan di site ini, metode perebusan bisa digunakan untuk prefolds, fitteds, insert, doubler dan soaker.
  • Menggunakan sabun cuci piring bila ingin stripping dgn tangan. Di dalam link ini, disebutkan merk sabun cuci yang sangat disarankan, yaitu Dawn. Di milis popok kain, beberapa member mengatakan bahwa metode ini bisa digunakan dengan sabun cuci piring merk Sunlight.

Sedangkan dalam buku Les Couches Lavables by Christelle Beneytout, metode stripping yang dipaparkan adalah:
  • Masukkan popok bersih ke dalam mesin cuci dan bubuhkan 2 sdm Sodium Carbonate (washing soda) serta 1 sdt Sodium Bicarbonate (baking soda).
  • Di bagian mesin yg biasa digunakan utk cairan pelembut, masukkan setengah gelas White Vinegar.
  • Pasang program pencucian yg panjang (lama) dengan suhu 60 derajat serta double rinsing. Bila ada popok kain yang batas maksimal pencuciannya 40 derajat, set mesin di suhu 40 derajat saja.

Harap diingat bahwa stripping hanya dilakukan pada popok kain yang sudah bersih. Bisa dalam keadaan kering maupun basah (baru selesai dicuci).

Note: Sebelum memutuskan untuk stripping, silakan baca link2 berikut ini untuk masalah bocor dan/atau bau pada popok kain:

Why are my cloth diapers and/or diaper covers leaking? http://www.borntolove.com/column7.html

Why are my cloth diapers and covers stinky? http://www.borntolove.com/column6.html




Share/Bookmark

No comments: