10.8.09

Jumlah Popok Kain


Sebenarnya berapa ya jumlah popok kain yang harus disediakan di rumah? Info dari satu penjual popok menyebutkan minimal 15 bila mencuci dua hari sekali. Di buku panduan saya dituliskan jumlah yg diperlukan sesuai jenis popok yg kita inginkan (misalkan utk AIO integral berhubung keringnya lebih lama jadi perlu lebih banyak dibanding jenis pocket).

Saya sendiri berusaha menganalisa kebutuhan pribadi dengan berdasarkan pengalaman selama empat bulan ini. Pertimbangan saya begini:
  • Lihat dulu berapa banyak popok yg diperlukan dlm sehari. Bila penggantian popok kurang lebih setiap 3 jam, maka berarti dalam sehari memerlukan 8 popok.
  • Kemudian lihat cuaca pada umumnya, bila lebih banyak panas, maka jemuran kering lebih cepat. Jadi, stok popok tidak perlu banyak.
  • Lihat juga kemungkinan kondisi musim hujan atau musim dingin. Pastinya jemuran jadi lama keringnya.
Oke, sekarang kalau kondisinya seperti saya:
- mengganti popok setiap 3 jam sekali
- hidup di negara 4 musim (dimana kondisi dingin lebih banyak, apalagi dgn perubahan iklim spt skrg ini), serta
- lebih banyak pakai flat dan fitted diapers (jadi kl yg fitted bambu dan hemp pasti keringnya lebih lama).

O iya, kenapa 3 jam sekali ganti popok? Krn itu yg dianjurkan perawat dan dokter waktu saya baru melahirkan di RS (menyusui setiap 3 jam kemudian ganti popoknya). Selain itu, bayi saya type yang kalau basah dikit udah langsung bunyi (bukan nangis yah, asli bunyi doang... hehe...). Dgn flat dan fitted diapers yg nota bene tanpa fleece, sudah pasti langsung bunyi kalau pantat si kecil basah.

Oke, oke... Perhitungannya jadi begini:
  • Hari pertama menggunakan 8 popok (kloter 1)
  • Hari kedua menggunakan 8 popok (kloter 2), sementara popok kloter 1 dicuci paginya
  • Hari ketiga menggunakan popok kloter 1 BILA sudah kering. Kalau belum, ya terpaksa harus ada popok kloter 3. Sementara itu, popok kloter 2 dicuci.
  • Hari keempat, seharusnya popok kloter 1 sudah kering ya. Jadi popok tsb yang digunakan.
Total berapa tuh, 16 kalau musim panas, 24 kalau sinar matahari tidak banyak. Ini untuk kondisi pencucian popok sehari sekali. Kalau dua hari sekali?
  • Hari pertama, 8 popok kloter 1
  • Hari kedua, 8 popok kloter 2
  • Hari ketiga, 8 popok kloter 3, sementara popok kloter 1 dan 2 dicuci
  • Hari keempat, 8 popok kloter 1 BILA sudah kering. Kalau belum, harus ada 8 popok kloter 4.
  • Hari kelima, seharusnya popok kloter 1 dan 2 sudah kering...
Total berapa ya... 24 kalau musim panas dan 32 kalau musim lainnya. Duh, banyak juga... Pantas popok di rumah kadang terasa kurang, terutama bila sinar matahari sedang irit-iritnya...

Jadi, beli lagi?

PS. Ini perhitungan berdasarkan pengalaman pribadi, pada bayi usia newborn sampai sekitar 4 bulan, ASIX dan proses pencucian diapers menggunakan mesin cuci dengan pilihan setting suhu dan setting jenis bahan/kain.


Share/Bookmark

2 comments:

Husna said...

komplet simulasinya, makasih Jeng Sitha,
btw, nambahin dikit aja, kalau pada bayi yang pakai susu formula, frekuensi pipis kurang lebih sama 2-3 jam sekali, dengan volume yang lebih banyak. Jadi pada bayi yang menggunakan sufor, tampaknya perlu lebih banyak persediaan popok.

Sitha said...

Mom Husna, sorry telat reply... Thank's utk masukannya yaa...

Mungkin kl volume pipisnya banyak, popoknya lbh cocok pakai yg bahannya berdaya serap tinggi spt bambu dan hemp. Prefolds yg hemp sptnya oke tuh (cuma liat pas browsing, ngga pernah cobain... hehe...)

Thx!