23.1.12

Changing Diapers: The Hip Mom's Guide to Modern Cloth Diapering

Voilà, My Fluffy Review...

Buku Changing Diapers ini merupakan panduan berpopok kain yang ditulis oleh Kelly Wels, salah satu senior dalam dunia cloth diapering di US. Kata sambutan dalam buku tersebut disampaikan oleh Heather McNamara, Executive Director dari Real Diaper Association, suatu asosiasi non-profit yang menggalakkan penggunaan popok kain di US. Sepengetahuan saya, keuntungan dari penjualan buku Changing Diapers ini pun akan diberikan kepada Real Diaper Association guna mendukung kegiatan advokasi asosiasi tersebut.

Sebelum buku ini terbit, saya sudah tertarik untuk membelinya karena kebetulan saya 'follow' penulis buku ini di twitter. Berhubung saya agak ter-distract dengan buku yang lain (tentang pembuatan popok kain) dan saya agak malas untuk memesannya langsung ke US, jadi saya menunda beberapa saat. Akhirnya saya memesan via Amazon.fr pada akhir bulan September 2011. Berhubung buku baru, jadi saat itu stok masih kosong dan saya harus menunggu sampai bulan November 2011. 

Berikut ini daftar isi dari buku Changing Diapers:

Chp. 1: Why Choose Cloth Diapers. Dalam bab ini, Kelly Wels membahas berbagai alasan memilih popok kain dari sisi penghematan sampai dengan kesehatan. 

Chp. 2: Snappis, doublers, AIOs, and Pockets: Understanding basic cloth diaper talk. Pada bab ini, Kelly Wels menjabarkan berbagai istilah yang sering ditemui dalam dunia cloth diapering saat ini, termasuk beberapa penjelasan mengenai bahan-bahan kain yang umum dipakai serta cara melipat popok kain prefold dan flat.

Chp. 3: Brands, Debates, and Dates: Getting started with Cloth. Pada bab ini, pembahasan lebih difokuskan pada saran Kelly tentang pemilihan popok kain. Dia sendiri tidak merujuk pada satu merk tertentu karena kondisi tiap anak dan orang tua tidaklah sama.

Chp. 4: From Newborn to Toddler: Diapering for the ages and stages. Dalam bab ini, Kelly Wels membedakan cloth diapering bagi bayi newborn sampai dengan usia 3 bulan, bayi usia 4 bulan sampai dengan setahun, dan toddler berusia 1 tahun ke atas. 

Chp. 5: The Back-to-work and Daycare Diapering Dilemma. Bab ini membahas tentang bagaimana berpopok kain pada saat sang ibu sudah harus kembali bekerja dan si kecil harus masuk daycare. Tiap Negara bagian di US memiliki hukum tersendiri mengenai penggunaan popok kain di daycare sehingga para orang tua harus mempelajari sendiri jauh-jauh hari. Selain itu, bab ini juga menyinggung tentang berpergian dengan popok kain serta penggunaan popok kain saat si kecil masih di rumah sakit (setelah persalinan).

Chp. 6: And Baby Makes Two (or More): Cloth diapering multiples and other special little ones. Sesuai judulnya, bab ini mengulas tentang berpopok kain pada bayi kembar dan bayi premature.

Chp. 7: Conquering Leaks, Rashes and The Nighttime Wet Mess. Bab ini membahas tentang masalah bocor pada popok kain, ruam popok serta berpopok kain pada waktu tidur malam.

Chp. 8: Daddies and Diapers. Bab ini lebih berupa sharing pengalaman dari para ayah yang anaknya menggunakan popok kain. 

Chp. 9: Airing Dirty Laundry: How to wash your cloth diapers. Bab ini berisi tentang cara perawatan popok kain serta mengatasi masalah bau pesing yang berlebihan. 

Chp. 10: Extra Stuff You’ll Need. Bab ini terbatas pada pembahasan singkat tentang wet totes, wet bags, cloth wipes dan swim diapers.

Chp. 11: Gotcha Covered. Bab ini adalah bagian penutup dimana ada satu pernyataan dari Kelly Wels yang berbunyi, “In the end, cloth diapering makes sense.”


Secara umum, buku ini berguna bagi para orang tua yang baru akan memutuskan untuk berpopok kain bagi anaknya. Informasi yang disampaikan dalam buku ini cukup lengkap dan cara penyampaiannya menyenangkan serta fresh. Beberapa gambar ilustrasi memberikan pemahaman yang lebih khususnya pada bagian penjelasan beragam sistem popok kain dan cara pemakaiannya.

Selain gambar ilustrasi, buku ini juga memuat gambar foto dari beberapa produk popok kain yang ada di pasar US. Dan untuk mengarahkan pemilihan, Kelly Wels juga menyebutkan beberapa nama produk, kemungkinan besar produk dari sponsor buku ini. Bila pembaca ingin mengetahui merk produk yang ditampilkan dalam foto-foto, di bagian belakang ada lampiran Fashion Index yang merinci semua merk popok yang muncul dalam buku Changing Diapers. 

Buku ini termasuk alat yang mempopulerkan istilah “fluffy” untuk popok kain. Jadi saya memberikan judul review ini “My Fluffy Review” :D.


Share/Bookmark

No comments: